Featured Post

Bermain Point Blank Dengan XMBC

Image
Saya penggemar game Point Blank dari Zepetto. Saat bermain shotgun banyak yang menggunakan tombol Q (quick weapon change) saat menembak untuk mempercepat durasi tembak tanpa perlu mengokang senjata dengan urutan key "Left Click » Q » Q". Tentunya ini berefek pada pergerakan character yang lambat dalam menghindari tembakan musuh karena jari tangan kiri yang digunakan untuk bergerak (move) sibuk menekan tombol Q pada keyboard.

Samsung SM-G313HZ (Galaxy V) Review

Berawal dari kepuasan saya terhadap performa Samsung SM-G313HZ, berikut saya share hasil test smartphone murah berkualitas Galaxy V ini dalam 3 kategori yang sangat mempengaruhi performance sebuah smartphone yaitu Processor, RAM & GPU.

HARDWARE


Processor
Processor 1.2 GHz dalam smartphone Galaxy V ini mengusung perangkat hardware keluaran vendor Spreadtrum yang mempunyai kinerja tinggi. Sukurlah Samsung tidak memberikan speed processor dibawah 1000 MHz pada smartphone murah ini karena rata-rata game sekarang tidak mendukung kecepatan processor dibawah 1000 MHz.


RAM
Tak banyak yang bisa diharapkan dalam kapasitas RAM pada smartphone murah, tidak juga pada smartphone branded Samsung yang berkapasitas 512 MB ini. Namun kemampuan standar dalam produksi merk berkelas tentu tak bisa diragukan. Multi-tasking bukanlah hambatan bagi manajemen hardware perangkat pintar ini.

GPU
Dengan dukungan salah satu GPU terbaik Mali yang biasa terdapat pada HDTV, Gaming Console seperti PS3, Galaxy V hadir dengan performance graphic yang kuat untuk melakukan proses pada hampir semua game HD.

Camera
Selain back camera 3 MP, front camera VGA & led flash jadi fitur tambahan menarik bagi smartphone murah. Tidak semua smartphone murah memiliki fitur ini jika spec perangkat diutamakan pada processor, kamu harus merogoh kocek lebih untuk mendapatkan sebuah smartphone kelas entry dengan fitur front camera & led flash.

  

KINERJA


Aplikasi
Hampir semua aplikasi sekarang dapat berjalan pada smartphone murah Galaxy V kecuali fitur aplikasi media seperti Photo Sphere pada Google Camera yang membutuhkan RAM minimal 1 GB tak dapat digunakan namun kamu masih bisa menggunakan fitur lainnya, tak terkecuali juga semua fitur aplikasi Camera 360 buat kamu-kamu yang selfie karena Galaxy V sudah terintegrasi front camera meski hanya lensa VGA cukup untuk kamu-kamu selfie dibawah cahaya yang cukup.

Gaming
Game-game HD juga bisa kamu nikmati pada perangkat ini. Berikut list game-game HD yang sudah saya test berjalan pada Galaxy V.

Multimedia
Bahkan tidak semua smartphone dual core dapat memainkan video HD 720 tanpa lag. Fitur multimedia memang sangat membutuhkan kemampuan processor yang baik. Nikmatilah kemampuan memainkan video HD pada perangkat ini meski sebenarnya resolusi 480p sudah cukup bagus mengingat Galaxy V memiliki layar 4 inch atau display 800 x 480.

Hal lain yang saya suka pada smartphone ini sudah mendukung format MPEG-4 dengan extension m4a pada sound recordingnya yang kualitas suaranya melebihi MP3 sehingga saya tidak perlu lagi aplikasi semacam Hi-Q MP3 Voice Recorder. Loud speakernya pun mendukung, tidak cempreng sehingga cukup bagus untuk menghasilkan suara berkualitas dalam playback ataupun memutar lagu.

Sebenarnya masih banyak fitur yang saya sukai pada Galaxy V namun test performance ini sudah cukup bagi saya untuk sebuah smartphone murah tapi tidak murahan.

Comments

  1. Kameranya samsung emang terkenal bagus ya, yang 6 edge aja setara sama DSLR katanya. sadis.

    ReplyDelete
  2. sayang banget sih kamera depannya cuma VGA

    ReplyDelete
  3. Gak bisa maen game MOBILE LEGENDS, SWORT ART ONLINE juga. Kenapa yah kak??

    ReplyDelete
  4. karena minimum requirement nya mobile legends 4 (quad) core + 1gb ram + android 4.0.3 sedangkan samsung sm-g313hz (galaxy v) hanya punya 1 (single) core.

    hp murah semacam android one sudah bisa memainkan game ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bermain Point Blank Dengan XMBC

Cara Menggunakan VPN Di Xiaomi